Coworking Space Jakarta | Perbedaan Coworking Space vs Kantor Tradisional

Source:  Pexels

Source: Pexels

 

Tak lebih dari satu dekade, fenomena co-working space telah mengubah cara jutaan orang dalam bekerja. Coworking space bukan hanya didedikasikan untuk digital nomaden dan start up. Perusahaan – perusahaan ternama semuanya juga menyewa kantor coworking space dan kantor tradisional seperti gedung perkantoran, ruko, dll . Faktanya, bisnis ini memang membuka peluang yang prospek di masa depan.

Bisnis yang menggunakan coworking space maupun kantor tradisional merasakan keuntungan yang lebih ekonomis. Selain itu, budaya kerja yang fleksibel dan lingkungan tenang, membuat karyawan merasa bekerja bukan lagi sebuah beban, melainkan kesenangan dan hobi baru. Jika Anda masih bingung mempertimbangkan manakah yang akan dipilih antara coworking space atau kantor tradisional? Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan panduan.


Alasan Memilih Coworking Space

 

Pertumbuhan

Untuk setiap start up, pertumbuhan adalah prioritas. Jadi, Anda mungkin ingin mencari coworking space yang tidak membutuhkan harga sewa terlalu mahal di muka atau kontrak jangka panjang. Coworking spce menawarkan fleksibilitas saat bisnis Anda tumbuh. Coworking space cenderung memberikan fleksibilitas jangka sewa berdasarkan kontrak harian atau bulanan. Termasuk semua biaya pemakaian standar termasuk tagihan utilitas dan asuransi, sehingga biaya operasional bisnis akan lebih terkendali.

Selain itu, Anda juga lebih mudah saat memindahkan kantor lama. Karena tidak perlu merenovasi atau membangun kantor, tetapi bisa langsung datang dan bekerja di coworking space.

Jaringan

Alasan lain start up menggunakan coworking space adalah kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis. Di ruang kerja berasama ini, memungkinkan karyawan untuk bertemu, berbaur dan berjejaring dengan orang – orang yang memiliki kecenderungan bisnis serupa.

Hal ini sangat efektif dalam menekan biaya pemasaran. Karena akan lebih mudah menemukan klien atau kolega baru yang direkomendasikan dari jaringan coworking space. Bonusnya, coworking space dapat menciptakan semangat komunitas dan kolaboratif di antara karyawan.

Lokasi Strategis

Start up yang baru tumbuh harus memikirkan tempat bisnis atau mencari lokasi yang prestigious. Coworking space yang ideal harus berada di lokasi yang bergengsi tepat di tengah kota, misalnya di Menteng, Jakarta Pusat.

Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Mulai dari makanan/ kopi gratis, acara networking dan hot-desking, dan alamat tempat bisnis yang meningkatkan reputasi brand usaha Anda.

Privasi masih terjaga

Hanya karena memilih kantor bersama atau coworking space, bukan berarti karyawan Anda kehilangan privasi. Sebagian besar coworking space mempunyai akses ke fasilitas kantor pribadi. Seperti ruang pertemuan, ruang lounge, dan ruang kantor. Sehingga kapan pun karyawan ingin berdiskusi masalah internal, tentunya akan lebih private dan mudah.

Alasan Memilih Traditional Kantor Tradisional

 

Kendali

Memiliki kendali atas ruang kerja Anda adalah salah satu daya tarik utama memilih kantor tradisional berbasis kontrak bulanan. Anda dapat menyesuaikan lingkungan kerja dengan spesifikasi yang tepat, memutuskan semuanya secara personal. Mulai dari hiasan, struktur, serta ruang penyimpanan hingga warna cat di dinding.

Pribadi

Sesuai namanya, kantor pribadi atau kantor tradisional  menawarkan privasi yang sangat cocok untuk bisnis dengan data – data atau klien yang sangat sensitif. Sebagai contoh, di kantor tradisional terdapat fasilitas ruang pencetakan atau ruang printer pribadi yang memungkinkan bisnis Anda menjaga dokumen krusial agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Selain itu, Anda juga bebas menemui klien atau berdiskusi di ruangan yang lebih pribadi tanpa khawatir gangguan keamanan atau kebocoran informasi yang sensitif.

Fokus

Karyawan yang bekerja di kantor tradisional umumnya akan lebih mudah fokus dan konsentrasi pada tugas inti mereka. Tak cukup itu, Anda tidak perlu khawatir karyawan terbaik atau staf bertalenta Anda “dicuri” dan berpaling ke perusahaan lain bila dibandingkan dengan coworking space.

Nah, itulah beberapa pertimbangan keunggulan coworking space versus kantor tradisional. Kira – kira manakah yang paling cocok untuk bisnis Anda?

 ——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.