5 Tips untuk Meningkatkan Produktifitas Freelancer & Remote Worker

Setiap orang tentu ingin menikmati keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, yang sayangnya sulit dicapai oleh pekerja kantoran. Tidak mengherankan bila kemudian banyak orang memilih untuk bekerja dari rumah (atau dari manapun selain kantor) karena memandangnya sebagai cara ideal untuk meraih work-life balance.

Berdasarkan laporan terbaru, tak kurang dari 34% dari seluruh pekerja di Amerika bekerja dari rumah (secara remote) sebagai freelancer dan pemilik bisnis rumahan. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 50% di tahun 2020. Meski belum ada data statistik tentang prosentase pekerja rumahan di Indonesia, tren untuk menjadi pekerja jarak jauh (remote worker), baik pekerja freelancer atau pekerja self-employed, sepertinya juga mengalami peningkatan.

Source: Pexels

Source: Pexels

Dibalik keuntungan fleksibilitas waktu dan kontrol penuh terhadap cara kerja, remote worker atau freelancer juga menghadapi banyak tantangan dalam bekerja. Salah satunya adalah menurunnya tingkat produktivitas. Padahal bagi seorang freelancer semakin banyak yang dikerjakan maka semakin tinggi pula penghasilan yang didapatkan. Dan, semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan banyak tugas semakin tinggi pula profitabilitas yang didapatkan.

Bagi freelancer dan remote worker, Anda dapat menerapkan cara-cara berikut ini untuk meningkatkan produktivitas meskipun Anda tidak terikat dengan waktu.

1. Realitis dengan Waktu

Ketahui berapa lama Anda dapat menyelesaikan sebuah tugas kemudian catat dan buat jadwal kerja yang efektif. Dengan pengertian yang benar tentang waktu, Anda tidak akan meremehkan sedetik pun waktu yang Anda miliki sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. 

2. Menyusun Tugas dengan 3C

Susun setiap tugas Anda dengan rumus 3C, yaitu creative (kreatif), collaborative (kolaboratif) dan connecting (berhubungan). Tugas kreatif seperti berpikir, membuat rencana, membuat keputusan, menulis, yang membutuhkan kesegaran mental sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Lanjutkan dengan tugas kolaboratif yaitu segala sesuatu tugas yang membutuhkan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Kemudian tutup dengan connecting yaitu menjalin hubunganan dengan keluarga dan teman Anda.

3. Sediakan Ruang Kerja Khusus

Seorang freelancer memang tidak membutuhkan kantor untuk bekerja. Namun adanya tempat kerja khusus akan memudahkan Anda untuk mengakses fasilitas yang dibutuhkan dengan efektif dan menjadi lebih fokus pada pekerjaan. Dokumen penting atau peralatan kerja Anda tidak lagi berserakan di mana-mana dan akan lebih mudah ditemukan bila berada pada satu ruangan khusus. Jika Anda merasa jenuh bekerja di rumah, Anda bisa juga memilih untuk bekerja di Café ataupun di Coworking Space terdekat dari rumah. Dengan menjamurnya Coworking Space di Jakarta, Anda bisa kerja di ruang kerja yang nyaman dan professional dengan harga berberapa cangkir kopi.

4. Menciptakan Suasana yang Kondusif

Bekerja dari rumah atau dari manapun selain kantor memang memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi. Akan tetapi  kelonggaran ini justru membuat pekerjaan mudah terganggu. Godaan untuk nonton TV, mengecek media sosial, menyelesaikan tugas rumah tangga atau bersantai bila terus dituruti akan membuat pekerjaan tidak selesai. Untuk itulah, sebelum memulai bekerja tidak ada salahnya bila Anda membangun situasi yang kondusif seperti mematikan notifikasi ponsel, menjawab pesan hanya pada waktu yang telah Anda atur sebelumnya, dan hanya fokus pada pekerjaan setidaknya dalam waktu 50 menit. Setelah pekerjaan selesai, Anda dapat beristirahat selama 20 menit dan menggunakan waktu tersebut untuk menjawab pesan atau menonton TV, misalnya. Dengan cara ini, produktivtas Anda akan meningkat.

5. Menciptakan Rutinitas

Dengan kerja yang terjadwal dengan baik dan telah terbagi sesuai kategori (seperti pada poin 2) maka tidak sulit bagi Anda untuk menjadikan sebagai sebuah rutinitas. Rutinitas akan membantu Anda menemukan kapan waktu terbaik untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu.

Waktu istirahat Anda juga mempengaruhi produktifitas kerja. Jadi, mulai sekarang lakukan aktivitas tidur malam dan bangun pagi Anda sebagai sebuah rutinitas sehingga Anda akan memiliki cukup energi untuk mengerjakan tanggung jawab Anda.

Produktivitas akan meningkat dengan manajemen waktu yang baik. Kebebasan seorang freelancer tidak akan hilang dengan adanya rutinitas. Justru dengan jadwal yang baik, pekerjaan akan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.


 ——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.