Mau Sewa Virtual Office di Jakarta? Berikut Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Keberadaan kantor sangat diperlukan oleh pebisnis yang sedang menjalankan usahanya agar kegiatan operasional perusahaan sehari-hari berjalan dengan lancar. Selain itu, kepercayaan klien dan juga konsumen akan meningkat dengan adanya kantor.

Akan tetapi tidaklah mudah untuk mendapatkan lahan kantor terutama di kota besar seperti Jakarta. Selain lahan yang terbatas, harga sewa kantor pun terus meroket. Tak mengherankan bila kemudian keberadaan virtual office menjadi angin segar bagi pebisnis yang akan merintis usahanya di abad ini.

Menurut Wikipedia, Virtual Office atau biasa disebut juga kantor virtual adalah sebuah 'ruang kantor' yang berada di dunia maya, tempat seseorang menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk menjalankan bisnis profesonal maupun pribadi tanpa memiliki lokasi usaha secara 'fisik'. Seperti kantor fisik pada umumnya, kantor virtual juga memiliki berbagai fasilitas, seperti email, fax, telepon, dan beberapa fasilitas fisik lain untuk menjaga operasional kantor berjalan dengan normal.

Di Jakarta sendiri, penawaran sewa virtual office semakin banyak dan bersaing. Tapi Anda tidak boleh asal pilih karena hal ini terkait dengan keberlangsungan bisnis Anda.

Sebelum menyewa virtual office di Jakarta, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan pilihan terbaik.

1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Karena akan digunakan sebagai alamat bisnis, lokasi virtual office harus meyakinkan. Pilih lokasi virtual office yang jelas, strategis, dan tidak jauh dari berbagai kantor penting lain. Lokasi virtual office juga merupakan pusat bisnis sehingga pihak yang akan menjalin kerjasama dengan Anda tidak akan ragu.

2. Memiliki Business Center yang Memadai

Source: Avenue8 Offices

Penting untuk mempertimbangkan kelengkapan fasilitasvirtual office yang akan Anda sewa karena berkaitan erat dengan kualitas perusahaan penyedia. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menjalankan berbagai kepentingan bisnis. Pastikan Anda memilih virtual office yang memiliki business center dengan fasilitas lengkap (meeting room, workspace, receptionist, concierge service, dll) yang Anda bisa gunakan kapan saja.

3. Harga Terjangkau

Semakin banyaknya penawaranvirtual office akan memudahkan Anda untuk membandingkan harga. Temukan beberapa kandidat dan pilih salah satu yang menurut Anda sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Untuk perintis bisnis dengan modal terbatas sebaiknya tidak memaksakan diri untuk membayar virtual office yang mahal.

4. Menyediakan Layanan Legalitas

Anda tentu mempunyai visi ke depan untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk itulah, saat menyewa virtual office usahakan untuk memilih penyedia layanan yang juga menawarkan bantuan untuk melegalkan bisnis Anda. Seperti layanan jasa pembuatan PT atau jasa pembuatan CV, konsultasi dan jasa legalitas lainnya.



5. After Sales Service

Tanggung jawab penyediavirtual office tidak berhenti pada saat Anda mendatangan kontrak atau pada saat Anda menerima surat domisili gedung. Penyedia virtual office punya peran penting dalam menopang daily operations perusahaan Anda, seperti call and mail handling, melayani survey dari pihak-pihak terkait, dan lain lain. Pastikan Anda memilih penyedia virtual office yang flexible dan luwes dalam pelayanan.

 ——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.