Mengapa Virtual Office Penting Untuk Perkembangan Startups Indonesia

Perkembangan perusahaan startup di Indonesia bisa dibilang cukup cepat. Tak kurang dari 1500 startup lokal saat ini bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus berkembang setiap tahunnya.

Meski tak semua orang mengerti apa itu startup tapi istilah tersebut menjadi sangat familiar seiring dengan kemunculan startup unicorn seperti Traveloka, Tokopedia, Bukapalak, dan lainnya. Tak salah bila kemudian masyarakat awam menyamakan antara startup dan bisnis online karena keduanya menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi internet. Padahal bila dikaji lebih jauh, startup berbeda dengan bisnis online yang saat ini juga banyak digeluti oleh masyarakat.

Startup bisa dikatakan sebagai perusahaan yang masih dalam tahap berkembang. Perkembangan perusahaan startup sendiri biasanya cenderung ke bidang teknologi. Di Indonesia, startup digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup aplikasi edukasi, Startup pencipta game dan Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Karena masih dalam tahap perkembangan, perusahaan startup biasanya tidak memiliki permodalan yang kuat dan lebih memilih untuk mengembangkan SDM atau para pekerjanya sebagai upaya untuk memajukan perusahaan. Dari sinilah kemudian munculnya Virtual Office di Jakarta Pusat atau kantor virtual dianggap sebagai solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan startup yang tidak mempunyai modal cukup untuk menyewa sebuah gedung atau tempat untuk kantor mereka.

Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan startup harus memilih Virtual Office di Jakarta Pusat untuk kemajuan usaha.

1. Biaya Sewa Lebih Murah

Mahalnya tarif sewa ruko atau gedung perkantoran membuat perusahaan startup dengan modal terbatas kesulitan untuk mendapatkan kantor fisik, yang sangat dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan segala kegiatan bisnis secara profesional. Namun dengan hadirnya virtual office Jakarta masalah ini pun dengan cepat teratasi. Dengan biaya sewa virtual office yang lebih murah tentunya perusahaan dapat menghemat pengeluaran sehingga dana bisa lebih difokuskan untuk pengembangan bisnis.

2. Lokasi Bergengsi

Dengan dana terbatas, mustahil bagi perusahaan rintisan untuk mendapatkan kantor fisik dengan lokasi yang prestisius. Akan tetapi kehadiran virtual office memudahkan perusahaan startup untuk menunjukkan eksitensinya sehingga dapat membangun kepercayaan masyarakat. Ya, pada umumnya virtual office memang terletak di kawasan bisnis sehingga lebih bergengsi dan mampu meningkatkan nilai jual bisnis.

3. Fasilitas Lengkap

Tak kalah dengan kantor fisik yang mahal dan modern, virtual office juga menawarkan fasilitas yang lengkap, seperti layanan resepsionist, meeting room, telepon kantor, bantuan layanan sekretaris, fax, dan juga pesan voice mail. Perusahaan startup sangat membutuhkan semua fasilitas ini untuk perkembangan bisnisnya.

4. Menghemat Biaya Instalasi

Membuka kantor sendiri tidak hanya membutuhkan dana besar untuk membeli atau sewa tempat tapi juga perlu tambahan dana untuk membayar biaya instalasi untuk perlengkapan seperti listrik, internet, telepon, meja, kursi, dan lainnya. Dengan menggunakan virtual office atau kantor virtual, perusahaan startup dapat menghemat semua pengeluaran untuk instalasi karena kantor virtual akan menyediakan semua layanan tersebut layaknya sebuah kantor konvensional. 

5. Kontrak yang Fleksibel

Ruko atau gedung yang disewakan untuk kantor biasanya mematok jangka waktu tertentu bagi penyewa. Minimal waktu sewa bisa setahun atau bahkan lebih sehingga bila terjadi ketidakcocokan di tengah jalan penyewa harus menelan kerugian yang tidak sedikit. Berbeda dengan Virtual Office, pelaku bisnis tidak perlu melakukan kontrak dalam jangka panjang. Bahkan mereka bisa membayar biaya sewa untuk jam tertentu saat melakukan pertemuan bisnis dengan klien.

Kemunculan Virtual Office di Jakarta tidak hanya dapat memangkas berbagai pengeluaran tapi juga dapat meningkatkan efisiensi dalam bisnis.

 ——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.